Ikhtisar

  • Cloud storage adalah metode penyimpanan data di sejumlah server yang dikelola pihak penyedia layanan. Koneksi internet dibutuhkan untuk mengakses data yang kamu simpan di server.
  • Metode ini memiliki sejumlah keunggulan dibanding penyimpanan data pada memori fisik konvensional, antara lain:
    • Data dapat diakses menggunakan perangkat apa pun dan di mana pun, asal terkoneksi dengan internet.
    • Kamu dapat membagi data di server ke pihak-pihak lain dengan cepat dan mudah.
    • Keamanan dan keutuhan data terjamin.
  • Sejumlah layanan cloud storage terkemuka menawarkan layanan masing-masing secara gratis untuk kamu coba. Bila membutuhkan kapasitas penyimpanan lebih besar, terdapat versi berbayar yang bisa kamu gunakan.

Seiring dengan meningkatnya peran teknologi dalam kehidupan personal ataupun profesional, kebutuhan penyimpanan data seperti dokumen, foto, atau video, juga ikut meningkat. Oleh karena itu, ada kalanya data yang kamu miliki bisa terasa terlalu banyak untuk disimpan di memori internal dalam komputer, ponsel, atau perangkat lainnya.

Jika kamu mengalami situasi tersebut, kamu dapat mempertimbangkan solusi seperti hard disk atau flash drive eksternal. Kamu juga dapat mencoba sarana penyimpanan data yang saat ini semakin populer, yaitu penyimpanan awan atau cloud storage.

Informasi dalam cloud storage disimpan dalam sebuah server yang biasanya dikelola pihak ketiga, seperti perusahaan hosting. Proses penyimpanan dan pengelolaannya berbeda ketika kamu menggunakan perangkat memori fisik, di mana informasi yang kamu simpan hanya terdapat dalam perangkat yang kamu gunakan, serta hanya bisa diakses dari situ.

Cara kerja cloud storage

Ketika kamu menyimpan data di layanan cloud storage, kamu sebetulnya mengirim salinan data tersebut melalui internet ke suatu server milik pengelola layanan cloud, yang kemudian akan merekamnya. Jika kamu kemudian ingin mengakses data tadi, server akan memberimu akses untuk mengunduh atau mengubahnya.

Guna melayani para penggunanya, layanan ini menggunakan lebih dari satu server yang terdapat pada sejumlah lokasi berbeda, namun tetap beroperasi sebagai unit tunggal yang bisa kamu akses dari mana pun.

Keunggulan Cloud Storage

Cloud storage makin dipertimbangkan sebagai solusi penyimpanan data. Pada tahun 2017, layanan cloud storage pribadi telah digunakan oleh lebih dari 1,7 miliar orang di seluruh dunia. Jumlah penggunanya diproyeksikan terus meningkat hingga melebihi 2,3 miliar orang pada tahun 2020.

Impessa Teknologi – Perusahaan IT di Pangkalpinang Bangka Belitung – Jasa Pembuatan Website Pangkalpinang Bangka Belitung – Jasa Pembuatan Aplikasi Android Pangkalpinang Bangka Belitung- Jasa Pembuatan Website Custom Pangkalpinang – Jasa Pembuatan Website Murah Pangkalpinang – Jasa Digital Marketing Pangkalpinang